Kamis, 27 Oktober 2016

PENDAPAT PAKAR : GI DIET - PANDUAN UNTUK HIDUP YANG LEBIH SEHAT.







Anda  mungkin telah mendengar tentang Diet GI sebelumnya; diet ini selalu dikaitkan dengan penurunan berat badan, penurunan risiko penyakit termasuk diantaranya diabetes tipe 2 dan penyakit jantung, serta peningkatankadar energi dan suasana hati. Tidak hanya dari diet tetapi lebih kepada pilihan gaya hidup jangka panjang.

Ini penjelasan Dr. Elisabet Nord Strom :

https://id.oriflame.com/beutyedit/health-beuty/the-gi-diet

Apa yang dimaksud dengan Glycaemic Index?p
GI, atau indeks Glikemikukuran seberapa cepat dan sejauh mana makanan tertentu meningkatkan kadar gula dalam darah Anda.  Indeks berkisar 0 s/d 100, dimana makanan yang mengandung  GI Tinggi (skala  lebih  dari 70) yang lebih cepat dipecahkan oleh tubuh menyebabkan lonjakan kadar gula  darah.  Makanan  dengan GI  rendah  (skala dibawah 55) dipecah dan diserap  lebih lambat kedalam aliran darah, sehingga kenaikan gula darah dalam tubuh  lebih lambat  dan lebih rendah yang menghasilkan kebutuhan insulin yang lebih rendah pula.

Mengapa makanan dengan kadar GI Tinggi tidak baik untuk Anda?
GI awalnya dirancang untuk memonitor kadar gula darah para penderita diabetes dan digunakan sebagai indikator untuk membatasi asupan makanan dengan GI tinggi.  Makanan dengan GI tinggi tidak baik untuk kesehatan, karena menyebabkan meningkatnya kadar gula darah secara cepat yang membuat pancreas mengeluarkan hormone insulin.  Fungsi hormone Insulin adalah untuk mengeluarkan gula dari aliran darah dan memerintahkan sel-sel  ditubuh untuk mengubahnya menjadi energy.  Jika fungsi nya tidak maksimal, gula darah akan tersimpan di dalam tubuh dalam bentuk lemak.
Selanjutnya, meningkatnya kadar gula darah secara cepat juga  mengakibatkan menurunnya  level gula darah dan insulin yang mengakibatkan keinginan makan yang berlebihan yang dapat memicu kebiasaan ngemil yang tidak sehat.


                                                  
Jadi apa yang sebaiknya Anda makan?........ /bersambung... 


Sumber : id.Oriflame.com



Tidak ada komentar:

Posting Komentar